Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

Google

Perencanaan Proyek: Menyatukan Semuanya

Google via Coursera

Overview

Ini adalah materi kedua dalam program Sertifikat Manajemen Proyek Google. Materi ini akan mengeksplorasi cara memetakan proyek di fase kedua siklus hidup proyek: fase perencanaan proyek. Anda akan memeriksa komponen penting rencana proyek, bagaimana membuat perkiraan waktu yang akurat, dan bagaimana mengatur milestone. Selanjutnya, Anda akan belajar bagaimana membangun dan mengelola anggaran serta bagaimana proses pengadaan berjalan. Kemudian, Anda akan menemukan alat yang dapat membantu Anda mengidentifikasi dan mengelola berbagai jenis risiko serta cara menggunakan rencana manajemen risiko untuk berkomunikasi dan menyelesaikan risiko. Terakhir, Anda akan mengeksplorasi cara menyusun dan mengelola rencana komunikasi serta cara mengorganisir dokumentasi proyek. Para manajer proyek Google yang ada saat ini akan terus mengajarkan dan memberi Anda pendekatan langsung untuk menyelesaikan tugas-tugas ini sambil menunjukkan kepada Anda alat bantu dan referensi manajemen proyek terbaik untuk pekerjaan yang ada. Pembelajar yang menyelesaikan materi ini seharusnya telah mendapatkan bekal untuk melamar pekerjaan tingkat pemula sebagai manajer proyek. Tidak dibutuhkan pengalaman apa pun. Pada akhir materi ini, Anda akan mampu: - Menerangkan komponen fase perencanaan proyek dan nilai pentingnya. - Menjelaskan mengapa milestone adalah hal penting dan bagaimana cara mengaturnya. - Mempelajari cara membuat perkiraan waktu yang akurat dan menjelaskan teknik untuk mendapatkannya dari anggota tim. - Mengidentifikasi alat dan praktik terbaik untuk membuat rencana proyek serta rencana manajemen risiko. - Menjelaskan cara memperkirakan, melacak, dan mengelola anggaran. - Menjelaskan proses pengadaan dan mengidentifikasi dokumentasi pengadaan yang penting. - Membuat draf rencana komunikasi dan menjelaskan cara mengelolanya. - Menjelaskan mengapa milestone adalah hal penting dan bagaimana cara mengaturnya. - Menjelaskan mengapa rencana proyek diperlukan dan komponen apa yang ada di dalamnya. - Mempelajari cara membuat perkiraan waktu yang akurat dan menjelaskan teknik untuk mendapatkannya dari anggota tim.

Syllabus

  • Memulai fase perencanaan
    • Anda akan mempelajari bagaimana materi ini disusun, manfaat perencanaan dan komponen penting fase perencanaan, perbedaan antara tugas dan milestone (tonggak capaian), dan cara menetapkan milestone.
  • Membuat rencana proyek
    • Anda akan belajar mengapa rencana proyek perlu dibuat dan komponen apa yang terdapat di dalamnya, cara membuat perkiraan waktu yang akurat dan mengapa hal itu penting, dan alat serta praktik terbaik mana yang digunakan dalam pembuatan rencana proyek.
  • Mengelola penganggaran dan pengadaan
    • Anda akan mempelajari berbagai komponen anggaran proyek, bagaimana proses penganggaran terjadi, dan bagaimana mengelola anggaran proyek. Anda juga akan mengeksplorasi bagaimana proses pengadaan berjalan, dokumentasi apa yang diperlukan, dan bagaimana mendapatkan dukungan dan menghindari konflik etika selama proses tersebut.
  • Mengelola risiko secara efektif
    • Anda akan mempelajari tentang manajemen risiko dan bagaimana hal ini bisa membantu mencegah kegagalan suatu proyek, beberapa tool yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengelola risiko, cara mengidentifikasi beberapa jenis risiko dan mengukur dampaknya pada sebuah proyek, serta cara menggunakan rencana manajemen risiko untuk mengomunikasikan dan mengatasi risiko tersebut.
  • Mengorganisir komunikasi dan dokumentasi
    • Anda akan belajar tentang elemen-elemen rencana komunikasi yang sederhana serta cara membuat draf dan mengelolanya, mengapa dokumentasi membantu menciptakan visibilitas dan akuntabilitas anggota tim, cara mengorganisir dokumen di satu tempat terpusat, serta cara menyiapkan pencarian kerja dengan mendokumentasikan pengalaman dan menonjolkan transferable skills (keterampilan yang dapat dialihkan di berbagai pekerjaan)

Taught by

Google Career Certificates

Reviews

4.9 rating at Coursera based on 123 ratings

Start your review of Perencanaan Proyek: Menyatukan Semuanya

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.