Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

Google

Pelaksanaan Proyek: Menjalankan Proyek

Google via Coursera

Overview

Ini adalah materi keempat dalam program Google Project Management Certificate (Sertifikat Manajemen Proyek Google). Materi ini akan mempelajari fase-fase pelaksanaan dan penutupan dari siklus hidup proyek. Anda akan mempelajari aspek apa dari suatu proyek untuk dilacak dan bagaimana melacaknya. Anda juga akan belajar bagaimana mengelola dan mengomunikasikan perubahan, ketergantungan, dan risiko secara efektif. Saat Anda menjelajahi manajemen kualitas, Anda akan belajar bagaimana mengukur kepuasan pelanggan dan menerapkan perbaikan berkelanjutan dan teknik peningkatan proses. Selanjutnya, Anda akan memeriksa bagaimana memprioritaskan data, bagaimana menggunakan data untuk menginformasikan pengambilan keputusan Anda, dan bagaimana menyajikan data tersebut secara efektif. Kemudian, Anda akan memperkuat keterampilan kepemimpinan Anda saat Anda mempelajari tahapan pengembangan tim dan bagaimana mengelola dinamika tim. Setelah itu, Anda akan menemukan alat yang menyediakan komunikasi tim proyek yang efektif, cara mengatur dan memfasilitasi rapat, dan cara mengomunikasikan pembaruan status proyek secara efektif. Terakhir, Anda akan memeriksa langkah-langkah proses penutupan proyek dan cara membuat serta membagikan dokumentasi penutupan proyek. Para manajer proyek Google yang ada saat ini akan terus menginstruksikan dan memberi Anda pendekatan langsung untuk menyelesaikan tugas-tugas ini sambil menunjukkan kepada Anda alat bantu dan referensi manajemen proyek terbaik untuk pekerjaan yang ada. Peserta didik yang menyelesaikan program ini seharusnya telah mendapatkan bekal untuk melamar pekerjaan tingkat pemula sebagai manajer proyek. Tidak dibutuhkan pengalaman apa pun. Pada akhir materi ini, Anda akan mampu: - Mengidentifikasi aspek-aspek apa saja yang perlu dilacak dalam sebuah proyek dan membandingkan berbagai metode pelacakan. - Mendiskusikan cara mengelola dan mengomunikasikan perubahan, ketergantungan, dan risiko secara efektif. - Menjelaskan konsep-konsep utama manajemen kualitas yaitu standar kualitas, perencanaan kualitas, jaminan kualitas, dan pengendalian kualitas. - menjelaskan bagaimana menciptakan perbaikan dan peningkatan proses yang berkesinambungan dan bagaimana mengukur kepuasan pelanggan. - Menjelaskan tujuan dari retrospeksi dan menjelaskan bagaimana cara melakukannya. - Mendemonstrasikan cara memprioritaskan dan menganalisis data serta cara mengkomunikasikan cerita proyek yang berbasis data. - Mengidentifikasi alat bantu yang menyediakan komunikasi tim proyek yang efektif dan mengeksplorasi praktik terbaik untuk mengomunikasikan pembaruan status proyek. - Menjelaskan langkah-langkah proses penutupan untuk para pemangku kepentingan, tim proyek, dan manajer proyek.

Syllabus

  • Pengantar pelaksanaan proyek
    • Anda akan mempelajari bagaimana materi ini terstruktur, aspek-aspek apa saja yang perlu dilacak, dan bagaimana cara melacaknya. Anda juga akan belajar bagaimana mengelola perubahan, ketergantungan, dan risiko secara efektif serta bagaimana mengomunikasikan risiko kritis kepada para pemangku kepentingan.
  • Manajemen kualitas dan perbaikan berkelanjutan
    • Anda akan belajar cara mengelola kualitas dengan menggunakan berbagai teknik. Anda akan belajar cara berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan dan berbagai cara untuk mengukur kepuasan pelanggan. Anda juga akan mengeksplorasi teknik perbaikan berkelanjutan dan perbaikan proses serta bagaimana melakukan retrospektif selama proyek untuk memperbaiki proses.
  • Pengambilan keputusan berdasarkan data
    • Anda akan mempelajari manfaat pengumpulan data, cara memprioritaskan data untuk memenuhi kebutuhan proyek, dan cara menggunakan data sebagai informasi dalam pengambilan keputusan Anda. Anda juga akan belajar bagaimana cara menjelaskan data proyek kepada para pemangku kepentingan dan anggota tim dengan menggunakan teknik visual dan presentasi yang efektif.
  • Keterampilan kepemimpinan dan memengaruhi
    • Anda akan mempelajari faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas tim, tahapan pengembangan tim, dan cara mengelola dinamika tim. Anda akan mengetahui cara menciptakan lingkungan yang beretika dan inklusif di mana tim yang berkinerja tinggi bekerja sama untuk mencapai tujuan proyek. Anda juga akan mengeksplorasi cara menggunakan berbagai teknik dan sumber kekuatan untuk memengaruhi orang lain.
  • Komunikasi proyek yang efektif
    • Anda akan mempelajari tool apa saja yang dapat mendorong terciptanya komunikasi tim yang efektif, cara mengatur dan memfasilitasi rapat guna memastikan keberhasilan proyek, serta cara mengomunikasikan update status proyek secara efektif kepada pemangku kepentingan dan anggota tim.
  • Menutup proyek
    • Anda akan belajar menentukan kapan sebuah proyek selesai dan mengapa menutup proyek adalah langkah penting. Anda akan mempelajari langkah-langkah proses penutupan dan cara membuat dan berbagi dokumentasi penutupan proyek.

Taught by

Google Career Certificates

Reviews

5 rating at Coursera based on 80 ratings

Start your review of Pelaksanaan Proyek: Menjalankan Proyek

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.