Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

Amazon Web Services

Migrating Web Application to Cloud using AWS Elastic Beanstalk (Indonesian)

Amazon Web Services and Amazon via AWS Skill Builder

Overview

Gambaran Umum Lab

Perusahaan Anda memiliki aplikasi web yang sudah ada yang di-hosting on-premises, dan mereka telah memutuskan untuk memindahkan infrastruktur mereka yang ada ke cloud dengan Amazon Web Services (AWS) sebagai penyedia cloud. Sebagai Solutions Architect, Anda ditugaskan untuk menganalisis dan mengevaluasi berbagai strategi migrasi dan menemukan solusi untuk memigrasikan aplikasi ke AWS cloud.

Di lab ini, Anda membuat platform ulang (re-platform) dan memigrasikan aplikasi web Anda ke Cloud menggunakan AWS Elastic Beanstalk.

Ikon Kunci

Berbagai ikon digunakan di seluruh lab ini untuk mempertegas aspek-aspek tertentu dari panduan ini. Daftar berikut menjelaskan tujuan masing-masing:

  • Ikon keyboard artinya Anda harus menjalankan perintah.
  • Ikon papan klip menunjukkan bahwa Anda dapat memverifikasi output dari perintah atau file yang diedit dengan membandingkannya dengan contoh yang disediakan.
  • Ikon catatan menandakan petunjuk, tips, panduan, atau saran penting.
  • Memerhatikan informasi yang memuat ketertarikan atau kepentingan khusus. Kegagalan membaca catatan tidak mengakibatkan kerusakan fisik pada peralatan atau data, tetapi dapat mengakibatkan keharusan untuk mengulangi langkah-langkah tertentu.
  • Ikon lingkaran “i” menetapkan lokasi untuk mencari informasi lebih lanjut.
  • Menyarankan untuk berhenti sejenak guna mempertimbangkan bagaimana Anda dapat menerapkan konsep di lingkungan Anda sendiri atau memulai percakapan tentang topik yang ada.

Gambaran umum AWS Elastic Beanstalk

AWS Elastic Beanstalk adalah layanan yang mudah digunakan untuk men-deploy dan menskalakan aplikasi web dan layanan web yang dikembangkan dengan Java, .NET, PHP, Node.js, Python, Ruby, Go, dan Docker pada server yang umumnya dikenal seperti Apache, Nginx, Passenger, dan IIS.

Anda cukup mengunggah kode dan Elastic Beanstalk secara otomatis menangani deployment, mulai dari penyediaan kapasitas, load balancing, penskalaan otomatis hingga pemantauan kesehatan aplikasi. Pada saat yang sama, Anda memegang kendali penuh atas sumber daya AWS yang mendukung aplikasi Anda dan dapat mengakses sumber daya yang mendasarinya kapan saja.

Tidak ada biaya tambahan untuk Elastic Beanstalk - Anda hanya membayar sumber daya AWS yang diperlukan untuk menyimpan dan menjalankan aplikasi Anda.

Untuk menggunakan Elastic Beanstalk, Anda membuat aplikasi, mengunggah versi aplikasi dalam bentuk bundle sumber aplikasi (misalnya, file Java .war) ke Elastic Beanstalk, lalu memberikan informasi tentang aplikasi tersebut. Elastic Beanstalk secara otomatis meluncurkan lingkungan dan membuat serta mengonfigurasi sumber daya AWS yang diperlukan untuk menjalankan kode Anda. Setelah lingkungan Anda diluncurkan, Anda dapat mengelola lingkungan Anda dan menerapkan versi aplikasi baru. Diagram berikut menggambarkan alur kerja Elastic Beanstalk.


Izin

Saat Anda membuat lingkungan, AWS Elastic Beanstalk meminta Anda untuk memberikan dua role AWS Identity and Access Management (IAM):

  • Service role (Peran layanan): Peran layanan diasumsikan oleh Elastic Beanstalk untuk menggunakan layanan AWS lain atas nama Anda.
  • Instance profile (Profil instans): Profil instans diterapkan ke instans di lingkungan Anda dan memungkinkan mereka untuk mengambil versi aplikasi dari Amazon Simple Storage Service (Amazon S3), mengunggah log ke Amazon S3, dan melakukan tugas lain yang bervariasi bergantung pada jenis dan platform lingkungan.

Untuk lab ini, Peran Layanan dan Profil Instans sudah dibuat sebagai bagian dari penyiapan lab awal.

Topik yang Dibahas

Pada akhir lab ini, Anda akan mampu:

  • Siapkan kode sumber aplikasi Anda untuk migrasi ke AWS.
  • Unggah versi kode sumber aplikasi Anda ke Bucket S3.
  • Buat aplikasi Elastic Beanstalk dan luncurkan lingkungan.
  • Meninjau dan mengelola lingkungan Elastic Beanstalk.

Prasyarat Pengetahuan Teknis

Untuk berhasil menyelesaikan lab ini, Anda harus:

  • Memiliki akses ke komputer dengan Microsoft Windows, Mac OS X, atau Linux (Ubuntu, SuSE, atau Red Hat).
  • Memiliki browser internet modern seperti Chrome atau Firefox.
  • Kenali navigasi dasar dari AWS Management Console.
  • Bersiaplah untuk mengedit skrip menggunakan editor kode AWS Cloud9, atau menggunakan alat seperti vi dan nano.

Durasi

Lab ini membutuhkan waktu 60 menit untuk diselesaikan.

Reviews

Start your review of Migrating Web Application to Cloud using AWS Elastic Beanstalk (Indonesian)

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.