Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

Amazon Web Services

Deploying an Amazon EKS Application using CDK8s (Indonesian)

Amazon Web Services and Amazon via AWS Skill Builder

Overview

Gambaran Umum Lab

Membuat aplikasi Kubernetes dengan cara tradisional melibatkan penulisan dan pemeliharaan file YAML yang kompleks, yang sebagian besar terdiri dari kode boilerplate. Proses ini melelahkan dan menyita waktu pengembang yang seharusnya dapat didedikasikan untuk aplikasi inti. Seiring waktu, file YAML ini menjadi berat dan sulit untuk dipelihara. Meskipun YAML berfungsi untuk mendeskripsikan status klaster Anda, YAML bukanlah bahasa pemrograman yang mampu menangani ekspresi logis atau abstraksi yang dapat digunakan kembali. Sejumlah alat telah dibuat untuk membantu mengisi kesenjangan.

Di lab ini, Anda mendapatkan pengalaman langsung bekerja dengan Cloud Development Kit for Kubernetes (cdk8s). Saat ini, cdk8s bekerja dengan Typescript, Python, Java, dan Go. Dengan cdk8s, Anda dapat mendefinisikan aplikasi Kubernetes dan abstraksi yang dapat digunakan kembali yang menghasilkan YAML Kubernetes murni. Di lab ini, Anda akan membuat klaster Amazon Elastic Kubernetes Service (Amazon EKS) menggunakan AWS Cloud Development Kit (AWS CDK), lalu menambahkan aplikasi (Layanan/Pen-deploy-an) menggunakan cdk8s.

Lab ini memanfaatkan layanan berikut:

AWS Cloud Development Kit (AWS CDK)

AWS CDK adalah kerangka kerja pengembangan perangkat lunak sumber terbuka. Anda dapat menggunakannya untuk membuat model dan menyediakan sumber daya aplikasi cloud menggunakan bahasa pemrograman yang Anda kenal. Layanan ini menyediakan komponen tingkat tinggi yang melakukan pra-konfigurasi sumber daya cloud dengan default yang telah teruji, jadi Anda dapat membangun aplikasi cloud tanpa harus menjadi ahli. Dengan AWS CDK, Anda dapat menyediakan sumber daya Anda secara berulang menggunakan AWS CloudFormation.

Pilih URL ini untuk informasi selengkapnya tentang AWS CDK.

AWS Cloud9

AWS Cloud9 adalah lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) berbasis cloud yang memungkinkan Anda menulis, menjalankan, dan melakukan debug kode hanya dengan browser. Hal ini mencakup editor kode, debugger, dan terminal. AWS Cloud9 telah dilengkapi dengan berbagai alat penting untuk bahasa pemrograman populer, termasuk JavaScript, Python, PHP, dan lainnya. Anda tidak perlu menginstal file atau mengonfigurasi mesin pengembangan untuk memulai proyek baru.

Pilih URL ini untuk informasi selengkapnya tentang AWS Cloud9.

AWS CloudFormation

AWS CloudFormation menyediakan bahasa umum bagi Anda untuk membuat model dan menyediakan sumber daya aplikasi AWS dan pihak ketiga di lingkungan cloud.

Pilih URL ini untuk informasi selengkapnya tentang AWS CloudFormation.

Amazon EKS

Amazon EKS adalah layanan Kubernetes terkelola untuk menjalankan Kubernetes di AWS Cloud dan pusat data on-premises. Di cloud, Amazon EKS secara otomatis mengelola ketersediaan dan skalabilitas node bidang kendali Kubernetes yang bertanggung jawab untuk menjadwalkan kontainer, mengelola ketersediaan aplikasi, menyimpan data klaster, dan tugas utama lainnya. Dengan Amazon EKS, Anda dapat memanfaatkan semua kinerja, skala, keandalan, dan ketersediaan infrastruktur AWS, serta integrasi dengan layanan jaringan dan keamanan AWS. Di on-premises, Amazon EKS menyediakan solusi Kubernetes yang konsisten dan didukung sepenuhnya dengan peralatan terintegrasi dan pen-deploy-an sederhana ke AWS Outposts, mesin virtual, atau server bare metal.

Pilih URL ini untuk informasi selengkapnya tentang AWS EKS.

AWS Identity and Access Management (IAM)

Dengan AWS Identity and Access Management (IAM), Anda dapat mengelola akses ke layanan dan sumber daya AWS dengan aman. Dengan menggunakan IAM, Anda dapat membuat dan mengelola pengguna dan grup AWS, serta menggunakan izin untuk mengizinkan dan menolak akses ke sumber daya AWS.

Pilih URL ini untuk informasi selengkapnya tentang AWS IAM.

Cloud Development Kit for Kubernetes (CDK8s)

cdk8s adalah kerangka kerja pengembangan perangkat lunak sumber terbuka untuk mendefinisikan aplikasi Kubernetes dan abstraksi yang dapat digunakan kembali menggunakan bahasa pemrograman yang sudah dikenal dan API berorientasi objek yang kaya. Aplikasi cdk8s disintesis ke dalam manifes Kubernetes standar yang dapat diterapkan ke klaster Kubernetes mana pun.

Pilih URL ini untuk informasi selengkapnya tentang Cloud Development Kit for Kubernetes.

Tujuan

Di akhir lab ini, Anda akan mampu:

  • Membuat dan men-deploy klaster Amazon EKS menggunakan AWS CDK.
  • Membuat dan men-deploy Layanan dan Pen-deploy-an menggunakan cdk8s.

Prasyarat

Lab ini memerlukan:

  • Akses ke komputer dengan Microsoft Windows, Mac OS X, atau Linux (Ubuntu, SuSE, atau Red Hat)
  • Browser internet modern seperti Chrome atau Firefox

Prasyarat Pengetahuan Teknis

Untuk berhasil menyelesaikan lab ini, Anda harus terbiasa dengan navigasi dasar AWS Management Console dan terbiasa mengedit skrip menggunakan editor teks. Disarankan untuk memiliki pemahaman dasar tentang Kubernetes.

Kunci ikon

Berbagai ikon digunakan di seluruh lab ini untuk mempertegas aspek-aspek tertentu dari panduan ini. Daftar berikut menjelaskan tujuan masing-masing:

  • Perintah: Menentukan perintah yang harus Anda jalankan.
  • Output yang diharapkan: Memverifikasi output dari perintah atau file yang diedit.
  • CATATAN: Menentukan petunjuk penting, tips, panduan, atau saran.
  • Informasi tambahan: Menentukan tempat untuk menemukan informasi selengkapnya.
  • PERHATIAN: Menarik perhatian pada informasi dengan minat atau kepentingan khusus. Kegagalan membaca catatan tidak mengakibatkan kerusakan fisik pada peralatan atau data, tetapi dapat mengakibatkan keharusan untuk mengulangi langkah-langkah tertentu.
  • Pertimbangkan: Menyarankan untuk berhenti sejenak agar Anda dapat mempertimbangkan cara menerapkan konsep di lingkungan pribadi Anda atau untuk memulai percakapan tentang topik yang ada.
  • Salin/Tempel: Dalam beberapa kasus, Anda dapat menjalankan skrip atau menerapkan file yang telah dibuat sebelumnya untuk Anda. Ikon ini menandakan blok kode yang digunakan untuk menampilkan isi skrip atau file yang berinteraksi dengan Anda.
    • Ketika Anda hanya perlu menyalin bagian tertentu dari blok kode, akan ada komentar TODO bernomor dalam kode.
  • Konteks: Ketika diminta membuka Context Menu (Menu Konteks) untuk sebuah item, ini adalah tindakan yang sama seperti klik kanan mouse atau tindakan yang sesuai untuk perangkat penunjuk khusus Anda.


Reviews

Start your review of Deploying an Amazon EKS Application using CDK8s (Indonesian)

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.