Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

Amazon Web Services

Building a Media Sharing Website - Part 1: Media Upload (Indonesian)

Amazon Web Services and Amazon via AWS Skill Builder

Overview

Gambaran Umum Lab

Di lab ini, Anda akan mempelajari cara men-deploy situs web berbagi foto menggunakan Amazon Simple Storage Service (Amazon S3) untuk penyimpanan, Amazon DynamoDB untuk basis data, Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2) untuk meng-host aplikasi web.

Selama lab berlangsung, Anda akan membuat arsitektur inti sistem yang menyediakan fitur dasar seperti menjelajah dan mengunggah konten. Untuk tujuan lab ini, konten media terbatas pada gambar, tetapi konsep yang dijelaskan di sini juga berlaku untuk jenis media lain seperti dokumen (PDF, RTF, presentasi, dll.), musik, video, dll. Sistem juga akan menyediakan antarmuka web bagi pengguna untuk melihat dan menyimpan gambar.

Tujuan

Di akhir lab ini, Anda akan mampu:

  • Membuat bucket Amazon S3 baru untuk menyimpan file media Anda
  • Membuat tabel DynamoDB untuk menyimpan metadata file media Anda
  • Meluncurkan instans EC2 baru untuk menjalankan server web Anda
  • Menguji pen-deploy-an

Prasyarat Lab

Untuk berhasil menyelesaikan lab ini, Anda harus terbiasa dengan navigasi dasar AWS Management Console dan terbiasa mengedit skrip menggunakan editor teks.

Durasi

Dibutuhkan sekitar 60 menit untuk menyelesaikan lab ini.

Kunci ikon

Beragam ikon digunakan di seluruh lab ini untuk menarik perhatian kepada berbagai jenis petunjuk dan catatan. Daftar berikut menjelaskan tujuan setiap ikon:

  • Catatan: Petunjuk, tip, atau panduan penting

Gambaran umum solusi

Penyimpanan media

Gambar dapat disimpan di volume Amazon Elastic Block Store, tetapi Anda perlu menyediakan kapasitas terlebih dahulu dan mengelola operasi penaikkan skala (scaling up) lapisan penyimpanan ini dengan menambahkan volume. Selain itu, volume tersebut harus dilampirkan ke instans EC2 untuk menyediakan konten melalui HTTP. Hal ini dapat menciptakan satu titik kegagalan dalam sistem jika data tidak direplikasi dan disediakan dari instans lain.

Pendekatan yang lebih baik adalah menggunakan Amazon S3 sebagai repositori penyimpanan untuk file media. Amazon S3 menawarkan ketahanan data yang tinggi dan kemampuan untuk menyediakan konten melalui HTTP. Tidak ada batasan jumlah objek yang dapat disimpan di bucket Amazon S3, dan kinerja juga tidak berubah saat Anda menggunakan banyak maupun sedikit bucket. Anda dapat menyimpan semua objek dalam satu bucket, atau mengaturnya di beberapa bucket.

Di lab ini, Anda akan membangun solusi berikut:

Saat pengguna mengunggah gambar, server web menerimanya dan membuat thumbnail. Server web kemudian akan mengunggah gambar dan thumbnail-nya ke bucket S3 dan memasukkan metadata gambar ke tabel DynamoDB.

Meskipun Amazon S3 dan DynamoDB dapat diskalakan dan sistemnya toleran terhadap kesalahan, server web Anda yang berjalan pada satu instans EC2 jelas merupakan satu titik kegagalan (jika aplikasi web gagal, sistem tidak dapat diakses dan tidak dapat dipulihkan) dan hambatan (dengan load penting dari permintaan masuk, sistem bahkan dapat menjadi tidak tersedia).

Berikut adalah pengantar singkat untuk masing-masing layanan yang digunakan dalam skenario lab.

Catatan: Jika sudah terbiasa dengan layanan AWS ini, Anda dapat melewati pengantar layanan dan melompat langsung ke bagian Start lab (Mulai lab).

Amazon EC2

Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2) adalah layanan web yang memberikan kapasitas komputasi berukuran fleksibel di cloud. Amazon EC2 dirancang untuk membuat komputasi berskala web lebih mudah bagi developer. Antarmuka layanan web sederhana Amazon EC2 memungkinkan Anda mendapatkan dan mengonfigurasi kapasitas dengan friksi minimal. Ini memberi Anda kendali penuh atas sumber daya komputasi dan memungkinkan Anda bekerja di lingkungan komputasi Amazon yang telah terbukti. Amazon EC2 mengurangi waktu yang diperlukan untuk mendapatkan dan melakukan boot instans server baru dalam hitungan menit, memungkinkan Anda mengubah ukuran kapasitas dengan cepat, baik naik maupun turun, seiring perubahan kebutuhan komputasi Anda. Amazon EC2 mengubah ekonomi komputasi dengan memungkinkan Anda hanya membayar kapasitas yang Anda gunakan.

Amazon EC2 memungkinkan Anda meningkatkan atau menurunkan kapasitas dalam hitungan menit, bukan jam atau hari. Anda dapat menugaskan satu, ratusan, atau bahkan ribuan instans server secara bersamaan. Tentu saja, karena hal ini dikontrol dengan API layanan web, aplikasi Anda dapat meningkatkan dan menurunkan skala secara otomatis bergantung pada kebutuhannya.

Anda memiliki kendali penuh atas instans Anda. Anda memiliki akses root di setiap instans dan dapat berinteraksi dengannya seperti mesin lainnya. Anda dapat menghentikan instans ketika mempertahankan data pada partisi boot, kemudian memulai ulang instans yang sama menggunakan API layanan web. Instans dapat di-boot ulang dari jarak jauh menggunakan API layanan web. Anda juga dapat mengakses output konsol dari instans.

Anda memiliki beberapa pilihan tipe instans, sistem operasi, dan paket perangkat lunak. Amazon EC2 memungkinkan Anda memilih konfigurasi memori, CPU, penyimpanan instans, dan ukuran partisi boot yang optimal untuk pilihan sistem operasi dan aplikasi Anda. Sebagai contoh, pilihan sistem operasi termasuk beragam distribusi Linux dan Microsoft Windows Server.

Untuk informasi selengkapnya tentang Amazon EC2, lihat: https://aws.amazon.com/ec2/

DynamoDB

DynamoDB adalah layanan basis data NoSQL yang cepat dan terkelola penuh yang mudah dan hemat biaya untuk menyimpan dan mengambil data dalam jumlah berapa pun serta melayani setiap tingkat lalu lintas permintaan. Throughput dan latensi milidetik digit tunggal yang terjamin menjadikannya sangat sesuai untuk bermain game, teknologi iklan, seluler, dan banyak aplikasi lain.

DynamoDB memberikan throughput dan penskalaan penyimpanan yang mulus melalui API dan konsol manajemen yang mudah digunakan, sehingga Anda dapat dengan mudah menaikkan atau menurunkan skala untuk memenuhi kebutuhan. Dengan satu klik tombol, banyak pelanggan kami yang sudah membuat deployment DynamoDB dalam hitungan menit yang mampu melayani triliunan permintaan basis data per tahun.

Tabel DynamoDB tidak memiliki skema tetap, dan setiap item mungkin memiliki jumlah atribut yang berbeda-beda. Beberapa tipe data menambah keberagaman model data. Indeks sekunder menambah fleksibilitas pada kueri yang dapat dijalankan tanpa memengaruhi kinerja.

Kinerja, keandalan, dan keamanan adalah bawaan internal, dengan penyimpanan SSD dan replikasi 3 arah otomatis. Amazon DynamoDB menggunakan metode kriptografis yang telah terbukti untuk mengautentikasi pengguna secara aman dan mencegah akses data yang tidak berwenang.

Untuk informasi selengkapnya tentang Amazon DynamoDB, lihat: https://aws.amazon.com/dynamodb/

Amazon S3

Amazon S3 adalah penyimpanan untuk Internet. Amazon EC2 dirancang untuk membuat komputasi berskala web lebih mudah bagi developer.

Amazon S3 menyediakan antarmuka layanan web sederhana yang dapat digunakan untuk menyimpan dan mengambil data dalam jumlah berapa pun, kapan pun, dari mana pun di web. Layanan ini memberi developer akses ke infrastruktur yang sangat dapat diskalakan, andal, aman, cepat, dan terjangkau yang digunakan Amazon untuk menjalankan jaringan situs web globalnya. Layanan ini bertujuan untuk memaksimalkan manfaat penskalaan dan memberikan manfaat tersebut kepada developer.

Amazon S3 didasarkan pada gagasan bahwa penyimpanan berbasis Internet yang berkualitas harus diterima begitu saja. Amazon S3 memastikan bahwa para pengembang tidak perlu khawatir tentang cara menyimpan data, apakah penyimpanan aman dan terlindungi, atau apakah mereka memiliki penyimpanan yang cukup. Amazon S3 juga membebaskan para developer dari biaya awal untuk menyiapkan solusi penyimpanan mereka sendiri serta biaya pemeliharaan dan penskalaan server penyimpanan yang berkelanjutan. Fungsionalitas Amazon S3 sederhana dan tangguh: Menyimpan data dalam jumlah berapa pun dengan aman dan murah, sambil memastikan bahwa data akan selalu tersedia saat Anda membutuhkannya. Amazon S3 memungkinkan developer untuk fokus berinovasi dengan data, bukan mencari tahu cara menyimpan data.

Untuk informasi selengkapnya tentang Amazon S3, lihat: http://aws.amazon.com/s3/

Reviews

Start your review of Building a Media Sharing Website - Part 1: Media Upload (Indonesian)

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.