Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

Amazon Web Services

Introduction to Amazon Elastic Block Store (Amazon EBS) (Indonesian)

Amazon Web Services and Amazon via AWS Skill Builder

Overview

Gambaran umum lab

Lab ini memperkenalkan Amazon Elastic Block Store (Amazon EBS) menggunakan AWS Management Console, menjelaskan konsep dasar Amazon EBS langkah demi langkah dan menunjukkan cara membuat, melampirkan volume EBS ke instans Amazon EC2 bersama dengan membuat snapshot serta memulihkan volume EBS dari snapshot.

Amazon Elastic Block Store (Amazon EBS) menawarkan penyimpanan tetap untuk instans Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2). Volume EBS terlampir ke jaringan, dan bertahan secara independen dari masa pakai instans. Volume EBS bersifat sangat tersedia dan merupakan volume yang sangat andal yang dapat dimanfaatkan sebagai partisi boot instans EC2 atau dilampirkan ke instans EC2 yang sedang berjalan sebagai perangkat blok standar.

Saat digunakan sebagai partisi boot, instans EC2 dapat dihentikan dan selanjutnya dimulai ulang yang memungkinkan Anda membayar hanya untuk sumber daya penyimpanan yang disediakan sambil mempertahankan status instans. Volume EBS menawarkan daya tahan yang jauh lebih baik dibandingkan penyimpanan instans EC2 lokal karena volume Amazon EBS secara otomatis direplikasi dalam Availability Zone untuk mencegah kehilangan data karena kegagalan satu perangkat keras.

Bagi mereka yang menginginkan daya tahan yang lebih besar, Amazon EBS menyediakan kemampuan untuk membuat snapshot yang konsisten dengan waktu tertentu dari volume Anda yang kemudian disimpan di Amazon Simple Storage Service (Amazon S3) dan secara otomatis direplikasi di beberapa Availability Zone. Snapshot ini dapat digunakan sebagai titik awal untuk volume EBS baru dan dapat melindungi data Anda untuk ketahanan jangka panjang. Anda juga dapat dengan mudah berbagi snapshot ini bersama rekan kerja dan developer AWS lainnya.

Untuk informasi selengkapnya, lihat Amazon EBS di bagian Referensi tambahan.

Kunci ikon

Berbagai ikon digunakan di dalam lab ini untuk menarik perhatian pada aspek-aspek tertentu dari panduan ini. Daftar berikut menjelaskan tujuannya masing-masing:

  • Menunjukkan perintah yang harus Anda jalankan.
  • Memverifikasi output dari perintah atau file yang diedit.
  • Menentukan petunjuk, tips, panduan, atau saran penting.
  • Menentukan lokasi untuk informasi selengkapnya.
  • Memerhatikan informasi yang memuat ketertarikan atau kepentingan khusus. Kegagalan membaca catatan tidak mengakibatkan kerusakan fisik pada peralatan atau data, tetapi dapat mengakibatkan perlunya mengulangi langkah-langkah tertentu.
  • Secara khusus memerhatikan tindakan yang tidak dapat dibatalkan dan yang berpotensi memengaruhi kegagalan suatu perintah atau proses. Mencakup peringatan tentang konfigurasi yang tidak dapat diubah setelah dibuat.
  • Menyarankan untuk berhenti sejenak guna mempertimbangkan bagaimana Anda dapat menerapkan konsep di lingkungan sendiri atau memulai percakapan tentang topik yang ada.
  • Kesempatan untuk memeriksa dan menguji pengetahuan yang telah Anda pelajari.

Topik yang dibahas

Pada akhir lab ini, Anda akan mampu:

  • Membuat volume Amazon EBS.
  • Melampirkan volume Amazon EBS ke instans Amazon EC2.
  • Membuat sistem file pada volume Amazon EBS.
  • Mengubah ukuran volume Amazon EBS.
  • Mengubah jenis volume dan karakteristik kinerja volume Amazon EBS.
  • Membuat snapshot untuk volume Amazon EBS.
  • Memulihkan volume Amazon EBS dari snapshot.

Durasi

Dibutuhkan sekitar 60 menit untuk menyelesaikan lab ini.

Reviews

Start your review of Introduction to Amazon Elastic Block Store (Amazon EBS) (Indonesian)

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.