Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

Amazon Web Services

AWS Storage Gateway: S3 File Gateway Setup, Configuration, and Monitoring (Indonesian)

Amazon Web Services and Amazon via AWS Skill Builder

Overview

Gambaran umum lab

AWS Storage Gateway merupakan layanan penyimpanan hibrida yang memungkinkan aplikasi on-premise Anda menggunakan penyimpanan AWS Cloud dengan mulus. Anda dapat menggunakan layanan ini untuk cadangan dan pengarsipan, pemulihan bencana, pemrosesan data cloud, pembuatan tingkat penyimpanan, dan migrasi. Layanan ini membantu Anda mengurangi dan menyederhanakan pusat data dan infrastruktur penyimpanan kantor cabang atau jarak jauh. Aplikasi Anda terhubung ke layanan melalui mesin virtual atau peralatan gateway perangkat keras menggunakan protokol penyimpanan standar, seperti NFS, SMB, dan iSCSI. Gateway ini terhubung ke layanan penyimpanan AWS, seperti Amazon S3, Amazon S3 Glacier, Amazon FSx for Windows File Server, Amazon Elastic Book Store (EBS), dan AWS Backup, yang menyediakan penyimpanan untuk file, volume, snapshot, dan tape virtual di AWS. Layanan ini mencakup mekanisme transfer data yang sangat dioptimalkan, dengan manajemen bandwidth, jaringan otomatis yang berdaya tahan, dan transfer data yang efisien, bersama dengan cache lokal untuk akses on-premise dengan latensi rendah ke data Anda yang paling aktif.

Di lab ini, Anda bekerja dengan berbagi File Gateway S3 NFS dan SMB, dengan fokus pada protokol jaringan dan port yang diperlukan untuk setiap konfigurasi. Anda terlebih dahulu men-deploy dan mengonfigurasi File Gateway S3 sebagai instans EC2. Anda kemudian memiliki pilihan untuk membuat dan menggunakan berbagi file NFS dengan instans Linux, berbagi file SMB dengan instans Windows, atau keduanya. Dalam setiap skenario, Anda mengonfigurasi security group yang relevan untuk mengizinkan lalu lintas pada porta yang diperlukan untuk protokol penyimpanan yang sedang digunakan, lalu memasang berbagi file dan menyalin data lokal ke dalamnya.

Topik yang dibahas

Setelah menyelesaikan lab ini, Anda dapat:

  • Men-deploy dan mengaktifkan peralatan S3 File Gateway
  • Mencantumkan port jaringan yang diperlukan untuk aktivasi S3 File Gateway, NFS, dan komunikasi SMB
  • Membuat berbagi file NFS, memasangnya ke instans Linux, menyalin data lokal, dan melihat data dari instans Linux lain
  • Membuat berbagi file SMB, memasangnya ke instans Windows, menyalin data lokal, dan melihat data dari instans Windows lain
  • Memantau berbagai metrik untuk S3 File Gateway menggunakan Amazon CloudWatch
  • Menganalisis event terkini yang terkait dengan sumber daya S3 File Gateway menggunakan AWS CloudTrail

Kunci ikon

Beragam ikon digunakan di seluruh lab ini untuk menarik perhatian kepada berbagai jenis petunjuk dan catatan. Daftar berikut menjelaskan tujuan setiap ikon:

  • Perintah: Perintah yang harus Anda jalankan.
  • Output yang diharapkan: Output sampel yang dapat Anda gunakan untuk memverifikasi output dari perintah atau file yang di-edit.
  • Catatan: Petunjuk, tips, atau panduan penting
  • Informasi tambahan: Tempat menemukan informasi selengkapnya.
  • Perhatian: Informasi dengan kepentingan khusus (tidak terlalu penting untuk menyebabkan masalah terkait peralatan atau data jika Anda melewatkannya, tetapi dapat mengakibatkan pengulangan langkah-langkah tertentu).
  • Pertimbangkan: Berhenti sejenak untuk mempertimbangkan bagaimana Anda akan menerapkan konsep di lingkungan sendiri atau memulai percakapan tentang topik yang ada.

Prasyarat pengetahuan teknis

Agar berhasil menyelesaikan lab ini, Anda harus terbiasa dengan navigasi dasar Konsol Manajemen AWS, menghubungkan ke instans EC2, protokol penyimpanan, porta jaringan, dan security group.

Durasi

Lab ini membutuhkan 120 menit hingga selesai.

Reviews

Start your review of AWS Storage Gateway: S3 File Gateway Setup, Configuration, and Monitoring (Indonesian)

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.