Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

Amazon Web Services

AWS Cloud Development Kit (Indonesian)

Amazon Web Services and Amazon via AWS Skill Builder

Overview

Gambaran Umum

Lab ini akan memperkenalkan Anda kepada dasar-dasar AWS Cloud Development Kit (AWS CDK). AWS CDK adalah kerangka kerja pengembangan perangkat lunak dari AWS dengan tujuan mempermudah menentukan infrastruktur cloud di bahasa pemrograman favorit Anda dan men-deploy menggunakan AWS CloudFormation. Di lab ini, Anda menulis fungsi AWS Lambda “Hello, CDK!” dan mengawalinya dengan endpoint API Gateway sehingga pengguna dapat memanggilnya melalui permintaan HTTP.

Selanjutnya, Anda akan diperkenalkan dengan konsep konstruksi AWS CDK, termasuk menulis konstruksi Anda sendiri. Konstruksi AWS CDK memungkinkan Anda untuk melakukan bundle beberapa sumber daya infrastruktur menjadi komponen yang dapat dipakai kembali. Anda dapat membagikan komponen ini untuk digunakan orang lain di aplikasi mereka.

Terakhir, Anda akan mengeksplorasi konstruksi pengujian dan menambahkan fungsionalitas pengujian pada aplikasi Anda. Di lab ini, Anda menggunakan lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) AWS Cloud9 untuk semua tugas pengembangan aplikasi.

Lab ini menggunakan layanan berikut:

AWS Cloud Development Kit (AWS CDK)

AWS CDK adalah kerangka kerja pengembangan perangkat lunak open source. Anda dapat menggunakannya untuk membuat model dan menyediakan sumber daya aplikasi cloud menggunakan bahasa pemrograman yang Anda kenal. Layanan ini menyediakan komponen tingkat tinggi yang melakukan pra-konfigurasi sumber daya cloud dengan default yang telah teruji, jadi Anda dapat membangun aplikasi cloud tanpa harus menjadi ahli. Dengan AWS CDK, Anda dapat menyediakan sumber daya Anda secara berulang menggunakan AWS CloudFormation.

Pilih URL ini untuk informasi selengkapnya tentang AWS CDK.

AWS Cloud9

AWS Cloud9 adalah lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) berbasis cloud yang memungkinkan Anda menulis, menjalankan, dan melakukan debug kode hanya dengan browser web. Hal ini mencakup editor kode, debugger, dan terminal. AWS Cloud9 sudah disertai alat penting untuk bahasa pemrograman populer, termasuk JavaScript, Python, PHP, dan banyak lagi. Anda tidak perlu menginstal file atau mengonfigurasi mesin pengembangan untuk memulai proyek baru.

Pilih URL ini untuk informasi selengkapnya tentang AWS Cloud9.

AWS Lambda

Dengan AWS Lambda, Anda dapat menjalankan kode hampir untuk semua jenis aplikasi atau layanan backend, semua tanpa administrasi. Cukup unggah kode Anda dan Lambda akan menangani semua yang diperlukan untuk menjalankan dan menskalakan kode Anda dengan ketersediaan tinggi. Anda dapat mengatur kode untuk dipanggil secara otomatis dari layanan AWS lain atau memanggilnya langsung dari web atau aplikasi seluler apa pun.

Pilih URL ini untuk informasi selengkapnya tentang AWS Lambda.

Amazon API Gateway

Amazon API Gateway adalah layanan terkelola penuh yang memudahkan developer untuk membuat, memublikasikan, memelihara, memantau, dan mengamankan API di skala apa pun. API bertindak sebagai “pintu depan” bagi aplikasi untuk mengakses data, logika bisnis, atau fungsionalitas dari layanan backend Anda. Dengan menggunakan API Gateway, Anda dapat membuat API RESTful dan API WebSocket yang memungkinkan aplikasi berkomunikasi dua arah secara real time. API Gateway mendukung workload nirserver dan dalam kontainer, serta aplikasi web.

Pilih URL ini untuk informasi selengkapnya tentang Amazon API Gateway.

Amazon DynamoDB

Amazon DynamoDB adalah key-value dan basis data dokumen yang mampu memiliki kinerja milidetik satu digit pada skala apa pun. Layanan ini adalah basis data multiwilayah, tahan lama, dan terkelola penuh dengan keamanan, pencadangan, dan pemulihan bawaan. Layanan ini menggunakan cache dalam memori untuk aplikasi berskala internet. Dynamo DB dapat menangani lebih dari 10 triliun permintaan per hari dan dapat mendukung hingga lebih dari 20 juta permintaan per detik.

Pilih URL ini untuk informasi selengkapnya tentang Amazon DynamoDB.

AWS CloudFormation

AWS CloudFormation menyediakan bahasa umum bagi Anda untuk membuat model dan menyediakan sumber daya aplikasi AWS dan pihak ketiga di lingkungan cloud Anda.

Pilih URL ini untuk informasi selengkapnya tentang AWS CloudFormation.

AWS Identity and Access Management (IAM)

Dengan menggunakan AWS Identity and Access Management (IAM), Anda dapat membuat dan mengelola pengguna dan grup AWS, serta menggunakan izin untuk mengizinkan dan menolak akses mereka ke sumber daya AWS.

Pilih URL ini untuk informasi selengkapnya tentang AWS IAM.

Tujuan

Di akhir lab ini, Anda akan mampu:

  • Membuat aplikasi AWS CDK baru.
  • Menentukan infrastruktur aplikasi Anda menggunakan AWS Construct Library.
  • Men-deploy aplikasi AWS CDK ke akun AWS Anda.
  • Menentukan konstruksi pribadi Anda yang dapat digunakan kembali.
  • Melakukan pengujian pada konstruksi.

Prasyarat pengetahuan teknis

Agar berhasil menyelesaikan lab ini, Anda sebaiknya sudah akrab dengan baris perintah/terminal dan navigasi dasar AWS Management Console.

Kunci ikon

Beragam ikon digunakan di seluruh lab ini untuk menarik perhatian kepada berbagai jenis petunjuk dan catatan. Daftar berikut menjelaskan tujuan setiap ikon:

  • Perintah: Perintah yang harus Anda jalankan.
  • Output yang diharapkan: Output sampel yang dapat Anda gunakan untuk memverifikasi output dari perintah atau file yang diedit.
  • Catatan: Petunjuk, tips, atau panduan penting
  • Informasi tambahan: Tempat menemukan informasi selengkapnya.
  • Pertimbangkan: Berhenti sejenak untuk mempertimbangkan bagaimana Anda akan menerapkan konsep di lingkungan sendiri atau memulai percakapan tentang topik yang ada.
  • Isi file: Blok kode yang menampilkan isi skrip atau file yang perlu disalin atau ditempel yang sudah dibuat sebelumnya untuk Anda.

Reviews

Start your review of AWS Cloud Development Kit (Indonesian)

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.