Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

Amazon Web Services

Introduction to AWS CloudFormation Designer (Indonesian)

Amazon Web Services and Amazon via AWS Skill Builder

Overview

Pengantar

Desainer AWS CloudFormation merupakan alat grafis untuk membuat, meninjau, dan memodifikasi templat AWS CloudFormation. Dengan Desainer, Anda dapat membuat diagram sumber daya templat menggunakan antarmuka drag-and-drop (seret dan lepas), lalu mengedit detailnya menggunakan editor JSON dan YAML yang terintegrasi. Baik Anda pengguna AWS CloudFormation baru atau berpengalaman, Desainer AWS CloudFormation dapat membantu Anda dengan cepat melihat keterkaitan antara sumber daya templat dan memodifikasi templat dengan mudah.

Di lab ini, Anda akan membuat tumpukan AWS CloudFormation menggunakan Desainer AWS CloudFormation. Anda akan menggunakan Desainer untuk menambahkan sumber daya dan mengedit Parameter dasar, Pemetaan, dan Output. Anda akan menggunakan Desainer untuk memvalidasi dan meluncurkan tumpukan, kemudian melihat tumpukan yang sedang berjalan. Anda kemudian akan membersihkan sumber daya Anda dengan menghapus tumpukan.

Topik-topik yang dibahas

Pada akhir lab ini, Anda akan mampu:

  • Membuat tumpukan instans tunggal sederhana menggunakan Desainer AWS CloudFormation
  • Menambahkan dan mengedit pemetaan, Parameter Sumber Daya, dan Output
  • Memvalidasi tumpukan dan menyimpan templat dasar Anda
  • Meluncurkan tumpukan dan melihat tumpukan yang sedang berjalan dan Output-nya
  • Hapus dan bersihkan saat tumpukan tidak lagi diperlukan

Prasyarat

Lab ini mengasumsikan bahwa Anda memiliki pengetahuan tingkat pengantar Amazon EC2 dan AWS CloudFormation.

Tentang Teknologi

AWS CloudFormation

AWS CloudFormation memungkinkan Anda untuk membuat dan menyediakan deployment infrastruktur AWS secara terprediksi dan berulang. Ini membantu Anda memanfaatkan produk AWS, seperti Amazon EC2, Amazon Elastic Block Store, Amazon SNS, Elastic Load Balancing, dan Auto Scaling untuk membangun cloud yang sangat andal, sangat terukur, hemat biaya tanpa khawatir tentang membuat dan mengonfigurasi infrastruktur AWS yang mendasarinya. AWS CloudFormation memungkinkan Anda untuk menggunakan file templat untuk membuat dan menghapus kumpulan sumber daya bersamaan sebagai satu unit (satu tumpukan).

Desainer AWS CloudFormation

Dengan Desainer AWS CloudFormation, Anda dapat melihat isi dari setiap template AWS CloudFormation valid sebagai diagram. Anda dapat dengan mudah melihat sumber daya yang disertakan dalam templat dan bagaimana mereka terhubung tanpa membaca JSON. Jika Anda perlu melihat detail templat, Anda dapat menggunakan editor teks JSON yang terintegrasi.

Dengan menggunakan Desainer AWS CloudFormation, Anda menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mengodekan secara manual templat Anda dan lebih banyak waktu untuk merancang infrastruktur AWS Anda. Di Desainer AWS CloudFormation, Anda drag and drop (seret dan lepas) sumber daya baru untuk menambahkannya ke templat Anda, dan Anda menarik koneksi antar sumber daya untuk membangun hubungan. Desainer AWS CloudFormation secara otomatis memodifikasi JSON. Editor teks JSON terintegrasi menyediakan fitur selesai otomatis untuk nama atribut sumber daya.

Antarmuka Desainer AWS CloudFormation terdiri dari beberapa panel. Panel kanvas menunjukkan diagram sumber daya templat Anda, sehingga Anda dapat melihat mereka dan hubungan mereka sekilas. Untuk menambahkan sumber daya ke templat Anda, Anda menyeret sumber daya dari panel Resource types jenis sumber daya ke panel kanvas. Gunakan panel editor JSON untuk menentukan detail templat, seperti atribut sumber daya atau parameter templat. Setelah memodifikasi templat, Anda dapat menyimpan tata letaknya ke file lokal atau ke bucket S3.

Desainer AWS CloudFormation tidak dapat menampilkan atau memodifikasi sumber daya berjalan di tumpukan Anda; gunakan untuk membuat, memodifikasi, dan menyimpan templat saja.

Komponen Alat Desainer AWS CloudFormation

Berikut adalah gambaran umum antarmuka Desainer AWS CloudFormation:

1. Toolbar

Toolbar menyediakan akses cepat ke perintah untuk tindakan umum, seperti membuka dan menyimpan templat, membatalkan atau mengubah perubahan, membuat tumpukan, dan memvalidasi templat Anda.

2. Panel tipe Sumber Daya

Panel tipe Sumber Daya mencantumkan semua sumber daya templat, dikategorikan berdasarkan nama layanan AWS mereka yang dapat Anda tambahkan ke templat Anda dengan menyeretnya ke kanvas.

3. Kanvas

Panel kanvas menampilkan sumber daya templat Anda sebagai diagram. Anda menggunakannya untuk menambah atau menghapus sumber daya, membuat hubungan antar sumber daya, dan mengatur tata letaknya. Perubahan yang Anda buat di kanvas secara otomatis memodifikasi JSON templat.

4. Editor JSON

Di editor JSON, Anda menentukan detail templat Anda, seperti atribut sumber daya atau parameter templat. Ketika Anda memilih item di kanvas, JSON terkait disorot dalam editor.

5. Sesuai tombol jendela

Tombol ini mengubah ukuran panel kanvas agar sesuai dengan diagram templat Anda.

6. Tombol layar penuh atau terpisah

Ini memilih tampilan yang berbeda dari Desainer AWS CloudFormation. Anda dapat memilih tampilan layar penuh kanvas, tampilan layar penuh dari editor JSON, atau tampilan layar terpisah dari kanvas dan editor.

7. Panel pesan

Panel Kesalahan menampilkan kesalahan validasi ketika Anda membuka, memvalidasi, atau mencoba untuk membuat tumpukan dengan templat yang tidak valid.

Reviews

Start your review of Introduction to AWS CloudFormation Designer (Indonesian)

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.